Metode Ilmiah

Metode ilmiah bisa dibilang suatu penjambaran atau suatu kebenaran terhadap dengan cara yang logis yang diperoleh dari fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan secara sistematis. Biasanya metode ilmiah dilakukan dengan cara observasi serta membentuk prediksi (hipotesis) dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Hipotesis pun diuji kebenarannya dengan mengunakan eksperimen. Jika hasil hipotesisnya bisa teruji kebenarannya, maka hipotesisnya bisa dijadikan suatu teori ilmiah. Dalam pembuatan metode ilmiah terdapat beberapa kriteria, yaitu :
  • Observasi Awal : Mencari sumber dari topik yang akan diteliti.
  • Mengindetifikasikan Masalah : Menentukan masalahnya yang akan diteliti dan lebih spesifik.
  • Merumuskan atau Menyatakan Hipotesis :Hipotesis atau kesimpulan sementara  membantu peneliti untuk mengarahkan jalan pikiran kearah yang diinginkan.
  • Eksperimen : Digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
  • Menyimpulkan Hasil Hipotesis : Ringkasan yang disimpulkan dari percobaan yang telah diuji dari hipotesis yang sudah diajukan.
Kriteria ini harus terdapat di metode ilmiah agar hasil penilitiannya benar-benar dari fakta yang di uji secara logis. Apabila hipotesis lolos uji maka hipotesis tersebut bisa menjadi suatu teori ilmiah yang memungkinkan orang lain menjadikannya sebagai bahan dalam eksperimen-eksperimen lainnya.


Sumber : http://alphaomega86.tripod.com/metode_ilmiah.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar